Pengaduan Masyarakat terhadap Acara-Acara Televisi Nasional Meningkat 10 Kali Lipat

Berita Metro Paling Banyak Diadukan

Pengaduan terhadap acara televisi nasional  meningkat sekitar 10 kali lipat pada tahun 2012 lalu dibanding tahun sebelumnya. Dan yang mengejutkan yang paling banyak mendapatkan pengaduan justru acara berita televisi dan program informatif lainnya.

Hingga 26 Desember 2012 KPI Pusat menerima jumlah pengaduan publiky sebanyak 43.470 buah. Pada tahun-tahun sebelumnya secara berturut-turut jumlah pengaduan tentang isi siaran adalah sebagai berikut: 1.335 (2007), 3.588 (2008), 7.634 (2009), 26.489 (2010), dan 3.856 (2011).

Jumlah pengaduan publik yang meningkat  tajam ini menunjukkan beberapa hal. Pertama, publik makin tinggi daya kritisnya tentang isi siaran sehingga ketika ada isi siaran yang dinilai tidak pantas, bermasalah atau melanggar aturan, maka publik mengadukan isi siaran tersebut.

Kedua, publik makin memahami bahwa jalur yang tepat untuk mengadukan siaran yang bermasalah adalah ke KPI. KPI Pusat mengapresiasi makin tingginya kesadaran publik untuk mengadukan siaran bermasalah ke KPI, termasuk untuk siaran jurnalistik. 

Kalau pada tahun-tahun sebelumnya sinetron paling banyak mendapatkan kritik, pada tahun 2012 yang mendapatkan pengaduan terbesar adalah acara berita. Secara berurutan, 15 besar jenis acara yang diadukan publik adalah: (1) Berita, (2) Talkshow, (3) Reality show, (4) Iklan, (5) Komedi, (6) Sinetron seri, (7) Musik, (8) Program anak, (9) Program olahraga, (10) Variety show, (11) Azan, (12) Film lepas, (13) Infotainment, (14) Sinetron lepas/FTV, dan (15) Features.

Dan yang mengejutkan stasiun televise yang paling banyak diadukan adalah Metro Televisi yang selama ini dikenal sebagai televise berita. Stasiun televise yang paling banyak mendapatkan pegnaduan secara berturut-turut adalah  MetroTV (30.067 pengaduan), TV One (5.701), TransTV (2.742), ANTV (878), RCTI (657), SCTV (451), Indosiar (356), MNCTV (352), Trans 7 (335), Global TV (203), dan TVRI (22).

Terkait dengan jenis acara yang diadukan tersebut, 15 besar materi pengaduan publik adalah: (1) Kaidah jurnalistik, (2) Penghinaan/pelecehan kepada kelompok tertentu, (3) Norma kesopanan/kesusilaan, (4) Tema/alur/format acara, (5) Siaran tidak mendidik, (6) Busana tidak pantas, (7) Jam tayang tidak tepat, (8) Kekerasan, (9) Seks, (10) Dampak siaran, (11) SARA, (12) Kata-kata kasar, (13) Bahasa, (14) Tampilan laki-laki keperempuan-perempuan, dan (15) Netralitas isi siaran.

Terdapat empat kasus pengaduan publik yang besar yang diterima KPI Pusat selama 2012, yakni: pengaduan kelompok Rohis mengenai talkshow tentang terorisme di Metro TV (September, 29.904 pengaduan), pengaduan Bonek terhadap program “Indonesia Lawyer Club” di TVOne (Maret, 3.297 pengaduan), pengaduan atas program Supertrap di Trans TV yang menampilkan penjebakan di toilet umum (November, 2.265 pengaduan), dan pengaduan tidak akuratnya pemberitaan mengenai Ustadz Badri sebagai tersangka teroris di TV One (Oktober, 2.162 pengaduan). 

Jumlah sanksi adminsitratif yang diberikan KPI Pusat kepada lembaga penyiaran pada tahun ini meningkat sekitar 95 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun ini KPI Pusat menjatuhkan 107 sanksi administratif (berupa 84 sanksi teguran pertama, 16 teguran kedua, 6 penghentian sementara, dan 1 pembatasan durasi). Sanksi ini diberikan bagi 11 stasiun televisi berjaringan. Tahun lalu, KPI Pusat menjatuhkan 55 sanksi administratif. 

Di luar sanksi administratif, KPI memberikan 30 surat peringatan dan 22 imbauan tentang isi siaran.
Sanksi penghentian sementara diberikan kepada enam program: Indonesia Sehat (TVRI), Uya Emang Kuya (SCTV), Bioskop TransTV (Trans TV), Metro Siang segmen talkshow (MetroTV), Pesbukers (ANTV), dan Sembilan Wali (Indosiar). Lembaga penyiaran yang sampai saat ini belum menjalankan sanksi di tahun 2012 adalah ANTV (Pesbukers). Adapun sanksi pembatasan durasi dijatuhkan kepada “Bukan Empat Mata” (Trans 7).

Pelanggaran yang banyak dilakukan oleh stasiun-stasiun TV yang mendapatkan sanksi secara berurutan adalah: Perlindungan anak dan remaja, norma kesopanan dan kesusilaan, materi seks, penggolongan program siaran, ketentuan iklan, pelecehan individu/kelompok masyarakat tertentu, ketentuan program jurnalistik, materi mistik-horor-supranatural, kekerasan, gender, hak privasi, agama, tata cara penggunaaan lagu Kebangsaan, budaya, ketentuan sensor, dan ketentuan terkait rokok.

Kesebelas lembaga penyiaran berjaringan yang pada tahun 2012 mendapatkan sanksi administratif adalah: TransTV (18 sanksi), Indosiar (15), Trans 7 (13), Global TV (12), SCTV (12), RCTI (10), MetroTV (7), ANTV (6), MNC TV (6), TV One (5), dan TVRI (3).

Sumber: kpi

60 komentar:

  1. Saya telah ditipu trans tv mengenai quiz hanya tuhan yg tau yg di sponsori oleh luwak white cofee..

    BalasHapus
  2. http://www.kaskus.co.id/thread/52dace46a1cb1756278b4801/ulasan-masih-dunia-lain-tgl-16-januari-2014/

    BalasHapus
  3. kepada perusahaan TV. (Indosiar/TVone/ANTV/SCTV/RCTI) agar lebih profesional memilih Amatiran dalam memasukkan berita. sebab terkadang bagi reporter amatiran terkesan biasanya ingin tayang secara nasional membuat provokasi kepada masyarakat yang terkesan melanggar etika jurnalistik. karena kalau beritanya tidak seru tidak dapat disiarkan sehingga citra profesi wartawan dimata masyarakat seperti profokator. karena membuat rekayasa suatu kejadian hingga menjadi sebuah berita.

    BalasHapus
  4. Di kabupaten Mamuju utara terdapat Wartawan TV yang legilitasnya hanya Amatiran karena kontributornya hanya ada di kota makassar sulawesi selatan. Untuk memenuhi standar kewartawanan dia menjadi wartawan Media Online dan untuk mendapatkan anggaran daerah (APBD) membuat stasiun TV Kabel. dan menjadikan Media TV Nasional sebagai Media Untuk Mengancam pemerintah dengan menyiarkan sorotan tapi profesional TV Nasional juga tidak mudah karena melihat sisi dapat di tayangkan atau tidak. Dengan Memegan beberapa media TV Nasional sehingga TV Kabelnya mendapatkan Pasilitas anggaran.

    BalasHapus
  5. untuk acara gokil di trans tv mohon ditinjau ulang

    BalasHapus
  6. TV indo RA MUTU!!!!!!!!!!!!!!!!!! ada darah dikit aja dipotong, suuuu

    BalasHapus
  7. Antv hanya telivisi pemutar iklan, .operatornya tidak professional . .gak usah siarin acara film,mending mutarin iklan aja semua.goblok

    BalasHapus
  8. heelleh... emberrrrr OKBM.... Negara indonesaia negara besar, mosok ga punya forum website pengaduan siara TV,....??
    ada http://www.kpi.go.idudah ga bisa di buka, ga bisa nampung, karna saking banyaknya yg ngadu...
    lebaga sensor jg engga bener,.. sampek keterlaluan sensornya, lukisan aja si sensor, aksi sction pukul"lan di film action aja di senser, berdarah dikit di sensor, parah nya sampek.. tomjery pikul"lan jg di sensor padahal itu kartu.
    justru yg jelas itu, bahasa dalam berita yg merusak malah ga di sensor.

    BalasHapus
  9. Nama saya abdul rahman siregar, saya pemenang kuis uttaran ANTV yg di sponsori oleh tolak linu herbal sidomuncul sebesar 2 jt rupiah, yg sudah di tayangkn langsung di antv tgl 29 maret 2016, saya sudah kirimkn data data saya ke email yg di minta oleh pihak antv, ttpi smpai skrg hadiahny blum jg di transfef ke rekening saya, dan tdk ada konfirmasi lanjut dari pihak antv, apkah memang pihak sponsor yg blum ngasih kpd antv, atau memang antv yg blum kirim ke saya ?? Seharusnya jgn buat rusak nama kedua belah pihak dong,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama klo gt pak abran siregar sy jg pemenang kuis uttaran tgl 17 maret 2016 tp smpai saat ini tgl 16 Juni hadiah jg blm ditransfr
      pdhl sy jg sdh lngkapi persyaratan email ke kuis antv tp g ada balasan atau klanjutanny.

      Hapus
  10. Tolong acara di antv di tijau kembali,film seperti utaran,atau apa itu nama nya film2 india,membuat para istri dan ibu2 malas untuk melakukan aktifitas yg seharus nya di lakukan sebagai seorang istri.terimakasih

    BalasHapus
  11. Tolong acara di antv di tijau kembali,film seperti utaran,atau apa itu nama nya film2 india,membuat para istri dan ibu2 malas untuk melakukan aktifitas yg seharus nya di lakukan sebagai seorang istri.terimakasih

    BalasHapus
  12. Bosen liat kuis famili 100 yg main itu itu terus contohnya cinta laura sampai 4 kali mr li 2 kali apa ngk adA buat masyarakat umu.

    BalasHapus
  13. Bosen liat kuis famili 100 yg main itu itu terus contohnya cinta laura sampai 4 kali mr li 2 kali apa ngk adA buat masyarakat umu.

    BalasHapus
  14. D daerah sya kok susah cri sinyal global tv ya walau pake parabola

    BalasHapus
  15. Apa penyebab macet2 suara siaran mnc tv akhir2 ini di daerah batam kep.riau?

    BalasHapus
  16. Sinetron anak jalanan mohon yg genk nama alex jgn di putar lg, karena itu tindak krimilal dan bisa di contoh oleh anak2 ini sangat meresahkan para orang tua, karena itu merusak pikiran generasi yg akan datang

    BalasHapus
  17. Saya rudi menyarankan film epson dan bahar di pajukan waktunya setelah pamili 100 jg terlalu larut

    BalasHapus
  18. apa sisi positif dari sinetron anak jalanan? masa iya ada adegan tinju apalagi adegan tinju antara cewek. di film animasi ini kucing sama tikus kelai di sensor, tidak layak tayang. lha gimana sma manusia yang tinju tinjuan? yang nonton bukan cuma kalangan ibu ibu bapak bapak tapi remaja juga, mereka anggap semua adegan di film itu keren. padahal sebenarnya ga baik untuk ditiru lebih tepatnya bukan untuk ditiru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa Betull. Smu udh terbalik, flm kartun bnyak disensor pdhl cm kartun tp yg sinetron gk. Gmn sih iyu Pesbuker sm Dasyat jg ominganny suka menjurus2 gk diapa2in. Aneh

      Hapus
  19. Untuk siaran mario teguh super show di mnctv, untuk wilayah jogja jngn di potong atau di tutup acara mtss ny dong

    BalasHapus
  20. Untuk siaran mario teguh super show di mnctv, untuk wilayah jogja jngn di potong atau di tutup acara mtss ny dong

    BalasHapus
  21. ANTV sebenerny niat g bikin kuis n ngasih hadiah,msa hadiah sy udah 3 bln blm ditransfer jg kan TERLALU.
    Orang klo g ingat MATI y gitu.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Nama saya Febriyanti di Matraman Jkt ikut kuis Uttaran di Antv udh lewat 3 bln dr janji pihak Antv blm di tranfer jg,tlg klo janji jgn ingkar

    BalasHapus
  24. Nama Mukhlis saran untuk TRANSTV film - film barat nya jangan film yang sudah pernah di tayangkan dong...!!!!

    BalasHapus
  25. Antv ga konsekwen.. jam tayang veera berubah ubah seenak udelnya aja.. ga jelas !!!

    BalasHapus
  26. Antv ga konsekwen.. jam tayang veera berubah ubah seenak udelnya aja.. ga jelas !!!

    BalasHapus
  27. Bisa Ngga tayangan Anandi Di pindah tayang malam karena mau nonton tayangan jam 13:00 itu kan jam kerja makasi,,,

    BalasHapus
  28. Bisa ga jam tayang drama turki Bunga yang terluka jangan terlalu malam, jadi ga bisa nonton ...
    plisss antv :(

    BalasHapus
  29. sctv nyiarin bola kls teri girilan laga seruh gx prnah tanyang champions

    BalasHapus
  30. Indosiar & antv gak ada flm lain selain dangdut yaaa untuk indosiar
    @antv gak bisa beli flm yg lebih bagus yaa masa trus flm india ajaa

    BalasHapus
  31. Indosiar & antv gak ada flm lain selain dangdut yaaa untuk indosiar
    @antv gak bisa beli flm yg lebih bagus yaa masa trus flm india ajaa

    BalasHapus
  32. Untuk global tv,tolong agar durasi flm naruto di perpanjang

    BalasHapus
  33. Antv. Kenapa bunga yang terluka di ilangin. Aku udah bela belain nonton walwpun jam nya makin malam.. Lagyan kenapa harus ada take me out sgla si sma lesbuker tengah malam gitu.. Bikin mut ilang taw gak.. Jam tayang nya jadi gak beraturan. Untung ada lonceng cinta. Jadi aku masih mau ke antv. Tapi kalo udh abis. Beralih ke mnctv. Serial nya lebih seru. Antv kalah.

    BalasHapus
  34. Antv. Kenapa bunga yang terluka di ilangin. Aku udah bela belain nonton walwpun jam nya makin malam.. Lagyan kenapa harus ada take me out sgla si sma lesbuker tengah malam gitu.. Bikin mut ilang taw gak.. Jam tayang nya jadi gak beraturan. Untung ada lonceng cinta. Jadi aku masih mau ke antv. Tapi kalo udh abis. Beralih ke mnctv. Serial nya lebih seru. Antv kalah.

    BalasHapus
  35. Tolong film anandhi di tayangkan lebih lama, 2 jam lah.....1 jam plus banyak sponsor terlalu singkat...krna ep nya 2000 an ...itu bikin kita kecewa.
    Film kartun nya pagi siang sama...bikin anak2 nga mau tidur siang...tq

    BalasHapus
  36. Tolong film anandhi di tayangkan lebih lama, 2 jam lah.....1 jam plus banyak sponsor terlalu singkat...krna ep nya 2000 an ...itu bikin kita kecewa.
    Film kartun nya pagi siang sama...bikin anak2 nga mau tidur siang...tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali bu hanya bikin malas penayangan & itu2 terus cerita berulang

      Hapus
  37. Mana film arcana mencari cinta di ANTV,,, gak jelas banget tiba tiba di hilangkan,,,

    BalasHapus
  38. Telenovela "Maria Cinta Yang Hilang" kenapa tiba-tiba menghilang juga acaranya di Global TV, Tayangkan lagi dongs...

    BalasHapus
  39. Maaf sebelumnya untuk siaran antv, tolong film kartunnya ga usa tanyang 2 kali sehari, tolong jadwal filmnya ga usah tiap hari, klo perlu diruba jadwalny hanya bikin masalh anak malas, malah nangis klo pindah chenel, u film lainya ga usah setiap hari klo perlu diselang seling waktu filmnya biar enak nonton dan tdk menghabiskan waktu, pekerjaan bisa selesai terima kasih

    BalasHapus
  40. Pak, tlong ditindak lanjuti sinetron2 indonesia yg sekarang kebanyakan adegan2 kasar, berantem, tawuran, dll. Seperti di sctv,, semua film yg ditayangka tidak ada yg mendidik, semuanya sesalu ada adegan pertengkaran. Banyak anak kecik yang nnton pak, tlong kasian anak bangsa nanti tambah ancur klo dikasih tontonan kyak gitu semua.

    BalasHapus
  41. Tolong tv one KL menyiarkan sepak bola secara langsung itu teks berita ny harap di hilangkan mengganggu sekali

    BalasHapus
  42. Tolong tv one kalo menyiarkan sinetron jangan setengah". Kadang" baru main setengah jam udah habis, mana episode yg selanjut nya ulangan lagi. Tolong jika tidak tayang ada pemberitahuan supaya penonton tidak kecewa!!!

    BalasHapus
  43. Untuk acara AWAS BANYAK COPET di RCTI gak mendidik, ngajarin orang jadi copet nih..acara begini kok bisa lolos bahaya

    BalasHapus
  44. Acara mnctv yg menayangkan UPIN IPIN 3 kali dalm 1 hari seperti sengaja mempengaruhi anak2 untuk jadi pemals dan bodoh.
    Sebab tayangnya upin ipin di pagi hari saat nya anak2 pergi sekolah ,sianghari saat nya anak2 tk istirahat setelah plang sekolah dan setelah waktu magrib saat nya anak2 belajar baik belajar mata pelajaran sekolah atau belajar mengaji untuk anak2 islam.
    Mohon untuk mnctv lebih bijak sana lagi dalam penayangn film2 kartun yg bisa berpengaruh besar terhadap anak.

    BalasHapus
  45. kenapa liga 1 indonesia tidak bisa di tayangkan di satelit parabola biasa..khusus untuk tv one... pssi....kasihanilah masyarakat pedesaan.. saya masyrakat indonesia sama sama ada di negara indonesia....untuk meliht acra bola aja di negeri sendiri SUSAH..acara tv di blok....sekalian aja jangn ada tv..biar msyarakat memilih dan melihat acara bola luar negri...peecuma hidup di negara sendiri susah muluuuu..

    BalasHapus
  46. Aduuh Indosiar gmn sih serial Indiany main diOff-in tiba2.? Kita yg lg asik ikutin jd beralih k serial India di AntV krn gk ada acara yg seru pd jam tsb. Gk usah tkut Rating yg penting strateginy dong. Sm aja mlah bkin org bete. Dlu Gangga jg begitu.. Tolong konsisten..

    BalasHapus
  47. Aduuh Indosiar gmn sih serial Indiany main diOff-in tiba2.? Kita yg lg asik ikutin jd beralih k serial India di AntV krn gk ada acara yg seru pd jam tsb. Gk usah tkut Rating yg penting strateginy dong. Sm aja mlah bkin org bete. Dlu Gangga jg begitu.. Tolong konsisten..

    BalasHapus
  48. Saya sidik. Mhn acara film cartoon Naruto di global tv dipindah jam tayangnya Krn jam tayang yg sekarang sangat mengganggu aktivitas anak belajar atau mengaji. Dimana pun bagian waktu di Indonesia. Bukankah kita tidak mengharap generasi kita tdk berkualitas?

    BalasHapus
  49. Tolong dong pihak Televisi kususnya daerah jawatimur surabaya.. Kenapa acara lokal surabaya harus di tayangkan.. Acara gak berguna membosanakan, acara di ulang ulang gak bermutu banget. Saya kesal nonton tv di surabaya selalu di potong acara nasional yg belum selesai di tonton, lebih baik di hapus saja tu acara lokal gak berguna.. Filem yg saya tonton selalu di selesaikan dengan acara lokal surabaya.. Gak bermutu banget di lihat.. Di putar acara nasional saja jgn lokal

    BalasHapus
  50. Iklan jangan ditaro di subtitle dong bikin emosi aja... trus knp pas lgi acara suaranya pelan pas iklan kenceng... cape gw ganti2 volume mulu... tolong dong kalian ini jgn mikir duit mulu

    BalasHapus
  51. Tolong dong pihak antv jangan mengurangi durasi tayang sinema chandra nandini, dulu pertma kali hampir 3 jam tanpa jeda iklan, sekarang sudah mulai mengikuti sinemanya d kurangi terus menerus sampe skrg tinggal 20 menit, apa maksudnya? Saran aja untuk kartun shiva d kurangi soalnya itu episodenya d ulang2, trus juga kalo hari biasa kan anak2 harus sekolah, trus jngn kbnyakan sinetron india yg baru2 klo bakalan mengurangi durasi sinema yg lain.

    BalasHapus
  52. Tolong dong pihak antv jangan mengurangi durasi tayang sinema chandra nandini, dulu pertma kali hampir 3 jam tanpa jeda iklan, sekarang sudah mulai mengikuti sinemanya d kurangi terus menerus sampe skrg tinggal 20 menit, apa maksudnya? Saran aja untuk kartun shiva d kurangi soalnya itu episodenya d ulang2, trus juga kalo hari biasa kan anak2 harus sekolah, trus jngn kbnyakan sinetron india yg baru2 klo bakalan mengurangi durasi sinema yg lain.

    BalasHapus
  53. Tolong dong pihak antv jangan mengurangi durasi tayang sinema chandra nandini, dulu pertma kali hampir 3 jam tanpa jeda iklan, sekarang sudah mulai mengikuti sinemanya d kurangi terus menerus sampe skrg tinggal 20 menit, apa maksudnya? Saran aja untuk kartun shiva d kurangi soalnya itu episodenya d ulang2, trus juga kalo hari biasa kan anak2 harus sekolah, trus jngn kbnyakan sinetron india yg baru2 klo bakalan mengurangi durasi sinema yg lain.

    BalasHapus
  54. Tolong dong pihak antv jangan mengurangi durasi tayang sinema chandra nandini, dulu pertma kali hampir 3 jam tanpa jeda iklan, sekarang sudah mulai mengikuti sinemanya d kurangi terus menerus sampe skrg tinggal 20 menit, apa maksudnya? Saran aja untuk kartun shiva d kurangi soalnya itu episodenya d ulang2, trus juga kalo hari biasa kan anak2 harus sekolah, trus jngn kbnyakan sinetron india yg baru2 klo bakalan mengurangi durasi sinema yg lain.

    BalasHapus

Artikel Terbaru

3